Headlines

Sekolah Salor: Inovasi Pendidikan di Desa Nelayan Indonesia


Sekolah Salor: Inovasi Pendidikan di Desa Nelayan Indonesia

Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang cerah bagi setiap anak. Namun, kenyataannya, akses pendidikan yang berkualitas masih menjadi tantangan di banyak daerah terpencil di Indonesia, terutama di desa-desa nelayan yang terisolasi. Salah satu inovasi pendidikan yang menarik adalah Sekolah Salor, yang telah membawa perubahan positif bagi anak-anak desa nelayan di Indonesia.

Sekolah Salor adalah sebuah proyek pendidikan yang didirikan oleh Yayasan Rumah Kreatif BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan PT Pelabuhan Indonesia III. Sekolah ini berlokasi di Desa Salor, sebuah desa kecil yang terletak di pesisir timur Pulau Jawa. Desa ini dihuni oleh komunitas nelayan yang hidup dari hasil tangkapan laut.

Inovasi utama Sekolah Salor adalah penggunaan kapal sekolah yang berfungsi sebagai tempat belajar bergerak bagi anak-anak desa nelayan. Kapal ini dilengkapi dengan fasilitas pendidikan yang lengkap, seperti kelas, perpustakaan, dan laboratorium sederhana. Kapal sekolah ini berlayar ke berbagai desa nelayan terpencil di sekitar Pulau Jawa, memberikan akses pendidikan yang sebelumnya sulit didapatkan oleh anak-anak di daerah tersebut.

Salah satu keunggulan Sekolah Salor adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan komunitas lokal. Guru-guru yang mengajar di Sekolah Salor berasal dari komunitas nelayan setempat, sehingga mereka dapat mengajar dengan menggunakan bahasa dan contoh nyata yang dekat dengan kehidupan anak-anak. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat identitas budaya anak-anak, tetapi juga meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran.

Selain itu, Sekolah Salor juga memberikan pendidikan tentang konservasi laut kepada anak-anak. Mereka diajarkan tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya laut dan bagaimana mereka dapat berperan dalam pelestariannya. Dalam proses ini, Sekolah Salor bekerja sama dengan organisasi lingkungan dan ahli ilmu kelautan untuk memberikan pengetahuan yang relevan kepada anak-anak.

Inovasi Sekolah Salor telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi anak-anak desa nelayan di Indonesia. Mereka tidak hanya mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Lebih dari itu, Sekolah Salor juga membangun kesadaran akan pentingnya konservasi laut dan menjaga kelestarian lingkungan di kalangan anak-anak.

Referensi:
1. Yayasan Rumah Kreatif BUMN. (n.d.). Sekolah Salor. Diakses pada 15 Desember 2021, dari
2. PT Pelabuhan Indonesia III. (n.d.). Sekolah Salor: Pendidikan di Kapal Sekolah. Diakses pada 15 Desember 2021, dari
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Sekolah Salor, Kapal Laut yang Menyebarkan Pendidikan. Diakses pada 15 Desember 2021, dari