Headlines

Peran Sekolah Tanjungpinang dalam Membangun Karakter Siswa – Artikel ini mengupas tentang peran penting Sekolah Tanjungpinang dalam membentuk karakter siswa, serta pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk mengembangkan sikap positif dan nilai-nilai moral pada siswa.


Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Karakter yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Sekolah Tanjungpinang merupakan salah satu sekolah yang memiliki perhatian khusus dalam membina karakter siswa.

Salah satu pendekatan yang digunakan oleh Sekolah Tanjungpinang dalam membentuk karakter siswa adalah dengan memberikan pendidikan moral dan nilai-nilai keagamaan secara terstruktur. Melalui mata pelajaran seperti Pendidikan Agama, siswa diajarkan tentang nilai-nilai moral yang baik seperti jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Selain itu, sekolah juga mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan sikap positif dan nilai-nilai moral pada siswa, seperti kegiatan sosial, kegiatan seni, dan kegiatan olahraga.

Selain itu, Sekolah Tanjungpinang juga memberikan perhatian khusus terhadap pembinaan kepribadian siswa. Guru-guru di sekolah ini tidak hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pembimbing dan teladan bagi siswa. Mereka memberikan contoh yang baik dalam berperilaku dan bersikap, sehingga siswa dapat meniru sikap dan perilaku yang positif.

Dengan pendekatan yang holistik ini, Sekolah Tanjungpinang berhasil mencetak siswa-siswa yang memiliki karakter yang baik dan siap bersaing di era globalisasi. Mereka tidak hanya pandai secara akademis, tetapi juga memiliki sikap yang baik dan moral yang kuat.

Referensi:
1. Yusuf, M. (2016). Pendidikan Karakter, Solusi Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Sukardi, A. (2018). Menyongsong Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.