Headlines

Kurikulum Sekolah Yogyakarta: Fokus pada Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa – Artikel ini membahas kurikulum yang diterapkan di Sekolah Yogyakarta, yang menekankan pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Juga menjelaskan pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan ini.


Kurikulum Sekolah Yogyakarta: Fokus pada Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa

Pendidikan adalah faktor kunci dalam membentuk dan mengembangkan generasi muda yang berkualitas. Sebagai upaya untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan, Sekolah Yogyakarta telah menerapkan kurikulum yang berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Pendekatan ini bertujuan untuk melahirkan individu yang memiliki moralitas yang kuat, kepemimpinan yang baik, dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja.

Kurikulum yang diterapkan di Sekolah Yogyakarta menempatkan pengembangan karakter sebagai landasan utama dalam proses pendidikan. Pendidikan karakter tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga membentuk nilai-nilai moral dan etika siswa. Dalam menerapkan kurikulum ini, Sekolah Yogyakarta mengintegrasikan pembelajaran karakter ke dalam semua mata pelajaran, mulai dari Bahasa Indonesia hingga Matematika. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pengembangan karakter, kurikulum Sekolah Yogyakarta juga menekankan pada pengembangan keterampilan siswa. Dalam dunia yang terus berkembang, keterampilan seperti berpikir kritis, kreativitas, pemecahan masalah, dan kerjasama menjadi sangat penting. Untuk mencapai tujuan ini, pendekatan pembelajaran yang inovatif dan aktif diterapkan di Sekolah Yogyakarta. Guru tidak hanya menjadi pemberi informasi, tetapi juga menjadi fasilitator dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan tersebut.

Salah satu metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek. Dalam metode ini, siswa diberikan tugas yang membutuhkan pemecahan masalah, kolaborasi, dan kreativitas. Mereka diajak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari ke dalam situasi dunia nyata. Dengan demikian, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sekolah Yogyakarta juga memberikan perhatian pada pengembangan kepemimpinan siswa. Kepemimpinan bukan hanya berkaitan dengan kemampuan memimpin, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk bekerja sama, menghargai perbedaan, dan berkomunikasi dengan baik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan kepemimpinan, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka. Tujuan utama dari ini adalah agar siswa mampu menjadi individu yang berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Dalam kesimpulan, kurikulum Sekolah Yogyakarta yang berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa telah memberikan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan aktif. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademik, tetapi juga mengembangkan karakter yang kuat dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. Dengan demikian, Sekolah Yogyakarta berperan dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Referensi:
1. Kemenristekdikti. (2017). “Pendidikan Karakter”. Retrieved from
2. Departemen Pendidikan Nasional. (2010). “Kurikulum 2013”. Retrieved from